Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi

kali ini adolescent bakalan posting bagaimanasih cara menyikat gigi yang benar. Pasti di antara sobat pasti belum tau banyak tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar iya kan? Berikut adalah tips sederhana dan mudah diikuti, semoga ini dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi kita dan juga kita dapat menjadikan gigi kita menjadi putih dan cerah.
Cara Menyikat Gigi yang Benar
Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar


  • Gosoklah gigi dengan gerakan turun naik agak memutar mulai dari bagian berwarna merah (gusi) ke arah bagian berwarna putih (gigi), berlaku untuk rahang atas dan rahang bawah, untuk permukaan yang menghadap pipi dan bibir serta permukaan yang menghadap lidah. Sedangkan untuk permukaan kunyah (yang kita gunakan untuk menggigit) gerakan menjadi keluar masuk dengan sedikit putaran.
  • Gerakan dilakukan secara perlahan dan tekanan yang ringan sehingga tidak melukai gusi dan mengabrasi permukaan gigi.
  • Lama menggosok secara keseluruhan biasanya sekitar 2-3 menit yang penting benar, percuma bila menggosok gigi selama 30 menit tetapi caranya salah.
  • Pilihlah sikat gigi dengan ukuran sesuai dengan mulut kita masing-masing dengan ujung sikat cukup kecil supaya mudah mencapai sudut belakang mulut, dan berbulu sikat tidak terlalu keras karena hanya akan memberikan trauma yang berlebihan pada gusi dan gigi.
  • Gunakanlah Pasta Gigi yang mengandung Fluoride dan Kalsium atau yang sesuai dengan kebutuhan. Pasta gigi tidak hanya berfungsi sebagai pembersih, tetapi juga sebagai “bantalan” sehingga mengurangi resiko trauma/abrasi yang berlebihan pada permukaan gigi, selain kandungan zat dan mineral di dalamnya yang bisa membantu menjaga gigi agar menjadi lebih kuat dan sehat.
  • Pastikan bahwa semua permukaan gigi sudah terbersihkan dengan baik, karena bila plak gigi masih tersisa di permukaan gigi, berarti gosok gigi kita tidak efektif dan jadinya tidak bermanfaat.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar